Perkembangan HTML + Fitur , Tag & Sample

HTML atau kepanjangan dari Hyper Text Markup Language adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet (Mozilla, Opera, Safari, Internet explorer, dll). Sebenarnya HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa mark-up atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai. HTML dikembangkan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan oleh sang programmer. Dalam membuat website, hal yang perlu anda kuasai adalah mengerti akan bahasa pemrograman HTML agar bisa terbentuk website yang bisa dihubungkan dengan Internet.
Internet itu sendiri merupakan jaringan global yang menghubungkan network satu dengan network lainnya di seluruh dunia. Pada dasarnya HTML adalah dokumen ASCII atau teks biasa, tapi tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.
HTML sendiri dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Pada dasarnya elemen HTML ada 2 kategori:
Elemen <head> berfungsi untuk memberikan informasi atau mendeklarasikan dokumen tersebut.
Elemen <body> berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan pada browser. Sebagian besar kode HTML harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu di awali dengan <namatag> dan di akhiri dengan </namatag>.
Berikut adalah contoh HTML:
<html> <head><title> Contoh Title </title></head>
<body> Contoh isi body </body>
</html> 

Versi HTML
Apabila kita mendalami tentang web design atau desain web, sepertinya untuk versi-versi HTML ini sudah tidak asing lagi bagi anda. Namun bagi anda yang belum tahu tentang versi HTML dan juga bagi anda yang ingin memperdalam pengetahuan anda seputar HTML, tentunya tidak cukup hanya mengetahui tentang pengertian HTML saja bukan? Hal ini juga merupakan pengetahuan sejarah proses berkembangnya HTML.

HTML versi 1.0
Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain
heading,

Contoh Heading 1

Contoh Heading 2

Contoh Heading 3

Contoh Paragraf
  • Contoh list 1
  • Contoh list 2
Tebal miring .

Contoh Heading 1

Contoh Heading 2

Contoh Heading 3

Contoh Paragraf
  • Contoh list 1
  • Contoh list 2
Tebal miring .
Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya (wrapping).


HTMl versi 2.0 (rilis pada 14 Januari 1996)
Dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force HTML Working Group pada tahun 1996. HTML 2.0 adalah versi HTML yang sudah kadaluarsa. Jadi bagi para pengembang Web sudah tidak lagi menggunakan versi HTML 2.0 standar.
Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

Contoh form :
Nama :

Alamat :

Saran & Kritik :
Contoh form :
Nama :
Alamat :
Saran & Kritik :

HTML versi 3.0 (rilis pada 18 Desember 1997)
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2
HTML 3.2
HTML 3.2 menjadi Rekomendasi W3C 14 Januari 1997. HTML 3.2 berisi fitur baru seperti font, tabel, applet, superscripts, subscript dan banyak lagi, dengan standar HTML 2.0 yang ada. Salah satu unsur yang ditambahkan ke standar HTML 3.2, adalah <tag>. Tag ini diperkenalkan kompleksitas yang tidak perlu untuk tugas penting dari memisahkan konten .HTML (teks) dari presentasi (style).
Contoh Tabel
1
2

Contoh Tabel
1
2

HTML versi 4.0 (rilis pada 24 Desember 1999)
HTML 4.0 menjadi Rekomendasi W3C 18. Desember 1997. Rilis kedua dikeluarkan pada tanggal 24. April 1998 dengan hanya beberapa koreksi editorial. HTML ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi di hampir segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain. Fitur yang paling penting dari HTML 4.0 adalah pengenalan style sheet (CSS).

Ini teks dengan ID = warnaMerah
Ini teks dengan Class = bgMerah

Ini teks dengan ID = warnaMerah
Ini teks dengan Class = bgMerah

HTML versi 5.0
Pada tanggal 22 Januari 2008, W3C menerbitkan rancangan kerja untuk HTML 5. HTML 5 meningkatkan interoperabilitas, dan mengurangi biaya pengembangan, dengan membuat aturan yang tepat tentang bagaimana untuk menangani semua elemen HTML, dan bagaimana memulihkan dari kesalahan
Beberapa fitur baru dalam HTML 5 adalah fungsi untuk audio embedding, video, grafik, sisi penyimpanan data klien, dan dokumen interaktif. HTML 5 juga mengandung unsur-unsur baru seperti <nav>, <header> <footer>, dan <figure>. Yang termasuk dalam kelompok kerja HTML 5 diantaranya AOL, Apple, Google, IBM, Microsoft, Mozilla, Nokia, Opera, dan banyak lagi vendor lainnya.
HTML5 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan Java Script. Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009, namun sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan.
Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh HTML5 adalah:
Cleaner code, karena sebagian besar kode telah termasuk di dalam sintaks html5, maka kode nampak terlihat lebih sederhana daripada penggabungan antara html, css dan java script.
Greater consistency, HTML5 telah melakukan banyak sekali penambahan sintaks yang dibuat dalam struktur lebih baik dan lebih sederhana daripada sintaks-sintaks sebelumnya. Hal ini membuat developer terbantu dalam meningkatkan konsistensi dalam membangun sebuah web.
Improve Semantics, dengan berbagai elemen kode di dalam html5 yang telah distandarisasi, maka nilai semantik dari sebuah web dapat lebih ditingkatkan. Itu berarti bahwa bagian-bagian dari web seperti header, nav, footerdan beberapa bagian lainnya terdefinisi dengan jelas maksud serta tujuannya selain itu juga terbentuk dalam sebuah “machine readible format”.
Improved Accessibility, dengan teknologi HTML5 yang memudahkan struktur pembangunan sebuah web, maka developerdapat membangun pemahaman yang lebih detil mengenai halaman web.
Client-side Database, HTML5 menyediakan model database SQL yang baru dengan API yang dapat dibangun dalam konsep lokal, dalam hal ini di sisi client.
Geolocation, HTML5 mempunyai API yang terintegrasi terhadap geolocation, fasilitas tersebut dapat diakses melalui GPS atau fasilitas lain seperti Google Latitude pada iphone.
Offline Aplication Cache, pengguna dapat terus melakukan interaksi dengan aplikasi meskipun mereka terputus dari jaringan internet.
Smarter Forms, terdapat semacam reguler expression (regex) yang membuat form mampu mengenali secara lebih baik tentang input, validasi data dan interaksi dengan elemen lain (misal : format email, password dll)
Sharper focus on Web Application Requiments, HTML5 membuat sebuah mekanisme yang lebih mudah dalam hal pembuatan front end, aplikasi chat, tools drag and drop, video player, pengolah grafis dan masih banyak lagi.
Berikut adalah contoh file ht5.html :
<!DOCTYPE html>

<html lang="en">

<meta charset="utf-8" />

<head><title> Contoh tag HTML 5 </head></title>

<body>

<header> HTML 5 </header>

<nav> 
<a href="./home"> Home </a>
<a href="./new"> What's new HTML 5 </a>
<a href="./feedback"> Feed back  </a>
</nav>
<article>
Artikel HTML 5 <p> adalah versi terbari html saat ini </p>
</article>
<footer>&copy 2013 - HTML developer | A-24 </footer>
</body>
</html>


Berikut adalah  contoh Form validasi dengan html 5 :
<fieldset>

<legend> Contoh Form Validasi HTML 5 </legend>

<form method="post">

Nama : <input type="text" name="nama" size="50" required /><br />

Password : <input type="password" name="pass" size="50" required /> <br />

Email : <input type="email" name="email" size="50" /> <br />

</form>

<fieldset>


Contoh Form Validasi HTML 5
Nama :
Password :
Email :

Diatas adalah versi-versi HTML hinngga pada saat artikel ini di posting. Versi HTML 5 inilah yang sedang marak dikembangkan di Indonesia. W3C sendiri adalah sebuah Organisasi yang menangani pengembangan web standar.

Unknown

Freelance Web Developer - Sekarang Fokus di PHP Framework Laravel. Skill (PHP, MySQL, JQuery, Laravel)

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komen ya...